POST TERBARU

107 Kata Berakhiran ra untuk karya sastra

Image
  contoh kata berakhiran ra 107 kata berakhiran ra berikut ini kami sajikan dengan telah dipilah berdasarkan bentuk kata kerja, kata benda maupun kata keterangan yang diantaranya bisa digunakan untuk menyusun sastra pantun atau puisi.   Kamu juga dapat belajar bagaimana contoh penggunaan kata berakhiran ra rima a untuk membuat pantun seperti ini Buat apa membuat gapura Bila ada di hutan belantara Buat apa bermain sandiwara Bila menimbulkan duka lara   Selain itu, referensi daftar kata berakhiran ra     juga dapat dimanfaatkan   mengajar anak didik di usia PAUD / TK belajar mengeja kata. Perlu diperhatikan juga ya, bila pengguraan kata yang memiliki akhiran kata tersebut perlu disesuaikan dengan tema bila ingin digunakan untuk karya sastra. Untuk lebih memahami pengguraan rima kata dalam membuat pantun, kamu dapat melihat referensi merarik di artikel pantun akhiran ra ri ru   Daftar Kata Kerja Berakhiran ra Berikut adalah daftar kata   kerja    pilihan yang be

Translate

bagikan artikel

Puisi tentang Ahmad Dahlan Pendiri Muhammadiyah

MEREKAM JEJAK KYAI HAJI AHMAD DAHLAN DALAM PUISI

Menuliskan sosok seorang tokoh dengan kiprah dan keteladanannya, umumnya dituliskan dalam bentuk biografi. Tentu saja salah satu harapan dari adanya penulisan tentang seorang tokoh itu adalah munculnya motifasi dan sikap positif pembaca setelah mengetahui figur tokoh secara lebih mendalam.

Walau ada, masih jarang seorang tokoh yang riwayat dan perannya dituliskan dalam bentuk puisi. Setidaknya itulah yang saya rasakan terutama kaitannya dengan penulisan puisi tentang tokoh Muhammadiyah. Masih minim. Apalagi di kalangan warga Muhammadiyah Kota Blitar bahkan Kabupaten Blitar, lingkungan dimana saya pernah “ikut-ikutan” terlibat dalam kegiatan dakwah Organisasi Otonom Muhammadiyah (Ortom).

Penulisan tentang seorang tokoh dengan bentuk puisi memang tidak bisa sedetail dengan penulisan bentuk lain. Mungkin itulah sebabnya penggambaran tokoh melalui puisi tidak banyak diminati dan sedikit yang menikmati. Tetapi saya yakin sisi unik penulisan puisi masih bisa menjadi daya tarik bagi sebagian orang.

Salah satu tokoh yang saya kagumi baik dari pemikirannya, ketokohan dan keteladannya adalah Kyai Haji Ahmad Dahlan. Tokoh Nasional sekaligus Pendiri Persyarikatan Muhammadiyah. Sebagai tokoh pembaharu tentu saja langkah-langkah Kyai Haji Ahmad Dahlan banyak diikuti dan dilanjutkan oleh generasi seangkatannya bahkan generasi setelahnya.

Itulah mengapa saya tertarik untuk menuliskan tentang Kyai Haji Ahmad Dahlan dalam bentuk puisi. Semoga saja anda yang membaca bisa menikmati. Sekaligus bisa mengambil makna dari keteladanan Mbah Dahlan yang banyak memberi inspirasi. Nikmatilah puisiku ini sambil berbuat apa saja yang berpahala.

PENGAGUM DAHLAN

Diangkat kejumudan dari dalam bumi sampai di depan mata
Hingga gelap tersentuh cahaya
Dipancarkan sinar sekuat daya
Sungguh kagum aku padanya

Dahlan, pengolah residu penjajahan
Maka jadilah minyak penyala kebebasan
Ditebar-tebar
Tumbuhlah biji kesadaran

Tanpa senjata di tangan
Merenggang rantai dengan pikiran
Memutus lingkaran setan tepat di sambungan

Teologi diangkat dari timbunan
Mental jajahan dibongkar perlahan
Kontruksi berkemajuan ditancapkan

Tanpa simbol perlawanan dia tetapkan garis
Biji yang ditebar berbuah manis
Maka tumbuhlah tunas-tunas nasionalis
Di bumi yang pohonnya lama menangis

Pada jiwa yang tak sadar akan dahaga
Dahlan teteskan embun pagi
Sejuk menyentuh hingga dalam nadi
Semakin kagum aku padanya

Laksana air meresap di bumi
Dahlan padaku mengalir sendiri

MATAHARI DARI KAUMAN

Dari kauman sinar dipancarkan
Menembus awan kejumudan
mengikis asap kebodohan
keterbelakangan
kemiskinan
Polusi penjajahan yang mengakumulasi sejak ratusan tahun silam

Ilmu dihidupkan menemani waktu
potensi disuburkan mengoreksi tradisi
pertolongan di beri pada yang tak mampu
motivasi bangun disentuhkan pada yang terbuai mimpi
Agar rakyat tahu pada zaman apa mereka berdiri

Kyai Ahmad Dahlan
matahari lain yang hadir di bumi
Sinar yang dipancar sinar iman
Cahayanya berpendar dari hati
menembus batas jasad menggugah bangun pertiwi

_____________

Artikel menarik lainnya :
Muhammadiyah sebagai organisasi islam di Indonesia telah dikenal luas kiprah dan perjuangannya. Dakwah pencerahan yang dilakukan memberikan manfaat bagaikan sinar yang menerangi umat manusia. Puisi tentang Muhammadiyah bisa dinimati di artikel Puisi Cahaya Muhammadiyah

Anda juga bisa menikmati sebuah pantun dan uraian tentang Makam Ir. Soekarno, proklamator kemerdekaan dan presiden pertama Republik Indonesia dalam artikel Makam Bung Karno dan Pantun

Semoga Puisi tentang Kyai Haji Ahmad Dahlan diatas bermanfaat. Membangkitkan kembali semangat yang kendur dari para aktifis yang melanjutkan perjuangannya. Bila anda suka jangan sungkan meninggalkan jejak di komentar.

Comments

POSTINGAN POPULER

Daftar Kata Berakhiran an in un Untuk Pantun dan Puisi

Daftar Kata Berakhiran at it ut dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran ra ri ru dan Contoh Pantun

Kumpulan Kata Berakhiran Huruf a

Daftar Kata Berakhiran ang ing ung untuk Pantun beserta Contohnya

Daftar Kata Berakhiran ar ir ur untuk Pantun dan Puisi

Daftar Kata Berakhiran ak ik uk k dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran ta ti tu dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran ma mi mu dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran na ni nu dan Contoh Pantun