POST TERBARU

107 Kata Berakhiran ra untuk karya sastra

Image
  contoh kata berakhiran ra 107 kata berakhiran ra berikut ini kami sajikan dengan telah dipilah berdasarkan bentuk kata kerja, kata benda maupun kata keterangan yang diantaranya bisa digunakan untuk menyusun sastra pantun atau puisi.   Kamu juga dapat belajar bagaimana contoh penggunaan kata berakhiran ra rima a untuk membuat pantun seperti ini Buat apa membuat gapura Bila ada di hutan belantara Buat apa bermain sandiwara Bila menimbulkan duka lara   Selain itu, referensi daftar kata berakhiran ra     juga dapat dimanfaatkan   mengajar anak didik di usia PAUD / TK belajar mengeja kata. Perlu diperhatikan juga ya, bila pengguraan kata yang memiliki akhiran kata tersebut perlu disesuaikan dengan tema bila ingin digunakan untuk karya sastra. Untuk lebih memahami pengguraan rima kata dalam membuat pantun, kamu dapat melihat referensi merarik di artikel pantun akhiran ra ri ru   Daftar Kata Kerja Berakhiran ra Berikut adalah daftar kata   kerja    pilihan yang be

Translate

bagikan artikel

Wisata Makam Bung Karno dan Pantun

Siapa yang tak kenal Bung Karno. Proklamator kemerdekaan sekaligus presiden pertama Negara Republik Indonesia. Lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901, pahlawan nasional meninggal tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta. Makam Bung Karno ada di Kota Blitar. 

Destinasi Wisata Makam Bung Karno

Tentang makam Bung Karno ada hal menarik yang perlu diketahui. Dahulu makam yang terletak di kelurahan Bendogerit kecamatan Sananwetan kota Blitar Jawa timur ini dikelilingi oleh kaca. Di bawah bangunan joglo yang diberi nama cungkup Astana Mulyo. Sejak tahun 2001 kaca penyekat dihilangkan sehingga pengunjung bisa melihat dan mendekat ke pusaranya.
Bangunan Joglo yang menaungi Makam Bung Karno
Terdapat tiga makam, nisan Bung Karno yang terbuat dari batu pualam besar berwarna hitam terletak di tengah. Bertuliskan : “Disini dimakamkan Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Penyambung Lidah Rakyat”. Sedangkan nisan disampingnya adalah makam kedua orangtuanya, Raden Mas Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rei. 

Dulu, akses utama menuju makam bung karno masih bernama jalan Slamet Riadi dan bisa dilalui oleh kendaraan dari kota langsung menuju Penataran Nglegok. Kini bernama jalan Ir. Soekarno dan ruas yang dekat area makam tidak bisa dilalui oleh kendaraan umum karena telah diganti paving dengan berbagai fasilitas untuk pejalan kaki dan tempat duduk. 

Makam Bung Karno adalah wisata andalan kota Blitar. Berada di area seluas hampir 2 hektar dilengkapi dengan perpustakaan dan museum kecil. Disini juga terdapat gong perdamaian. Bagi pengunjung luar kota yang menggunakan bus, pemerintah kota Blitar telah menyediakan tempat parkir khusus pelataran parkir makam Bung Karno dalam satu area yang dikenal dengan nama PIPP ( Pusat Informasi Pariwisata dan perdagangan ). Tempat ini berada di Jl. Dr. Cipto. 

Rute untuk sampai ke lokasi wisata Makam Bung Karno

Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk sampai ke lokasi makam Bung Karno dari PIPP. 
Pertama, bisa mamanfaatkan jasa becak wisata. Biasanya abang becak wisata juga akan menawarkan tujuan tambahan setelah dari makam bisa diantar ke Istana Gebang. Istana Gebang merupakan rumah saat Bung karno masih kecil. 

Kedua, pengunjung bisa berjalan kaki. Rute yang ditempuh setelah keluar dari parkiran bisa berjalan ke arah timur sampai pertigaan ujung jalan Dr. Cipto kemudian belok ke utara (arah kiri) jl. Ir. Soekarno sampai lokasi yang berada di sisi timur jalan.
Gapura Makam Bung Karno
Gapura Masuk Makam Bung Karno

Bagi pengguna mobil pribadi, selain parkir di lokasi PIPP bisa juga menggunakan lahan parkir yang disiapkan warga sekitar Makam Bung Karno. Kelebihan yang diperoleh bila parkir di halaman warga adalah mendapat lokasi yang lebih dekat dari lokasi makam. Bila menempuh cara ini resikonya harus melalui jalan yang agak memutar karena jalan menuju makam tidak boleh dilalui kendaraan roda empat. 

Adapun bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum semisal kereta api dan bus, bisa menggunakan jasa ojek yang ada di pangkalan sekitar stasiun kereta api dan Terminal Bus Kota Blitar. Jika ingin menggunakan jasa ojek online, anda harus keluar dan berjalan menjauh dulu karena saat ini ojek online belum boleh beroperasi di stasiun dan terminal. 

Souvenir dan oleh-oleh dari wisata Makam Bung karno

Bagaimana dengan souvenir dan oleh-oleh khas di kawasan ini? Anda tidak perlu khawatir. Souvenir dan oleh-oleh khas Blitar bisa didapatkan di kios-kios yang ada di sekitar Makam Bung Karno maupun di PIPP. Souvenir dan oleh-oleh khas blitar yang bisa diperoleh antara lain kaos, kendang, pakaian, berbagai mainan anak, peralatan dapur, barang unik, aneka buah, aksesoris dan masih banyak lainnya. 

Oh ya tentang lokasi perpustakaan yang ada di sebelah selatan makam Bung Karno, selain berisi berbagai koleksi buku terutama yang berkaitan dengan beliau. Juga terdapat area yang diberi nama amphi teater. Dalam berbagi momen tempat ini digunakan untuk berbagai kegiatan antara lain pertunjukan kesenian dan diskusi. 

Selain di amphi teater, pertunjukan kesenian juga biasa diadakan di lokasi PIPP. Di tempat ini juga sering digelar berbagai even pameran lho. 

Pantun tentang Bung Karno

Sebagai bonus dari tulisan ini, saya ingin berbagi Pantun tentang Bung Karno: 

Selagi muda sempatkan untuk belajar 
Agar bahagia di masa kemudian 
Dikenal sebagai putra sang fajar 
Bung Karno Proklamator kemerdekaan
 
Memang manis buah rambutan 
Petik saja yang warnanya merah 
Ingatlah selalu pesan pahlawan 
Jangan pernah melupakan sejarah
 
Bila tuan mendengar halilintar 
Segeralah menjenguk mbah martono 
Bila tuan berkunjung ke Blitar 
Sempatkan ziarah ke Makam Bung karno

Bila anda tertarik untuk menikmati asyiknya wisata salah satu pantai di Blitar, artikel Pantai Serang dan Pantun tentangnya bisa jadi referensi.

Comments

POSTINGAN POPULER

Daftar Kata Berakhiran an in un Untuk Pantun dan Puisi

Daftar Kata Berakhiran at it ut dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran ra ri ru dan Contoh Pantun

Kumpulan Kata Berakhiran Huruf a

Daftar Kata Berakhiran ang ing ung untuk Pantun beserta Contohnya

Daftar Kata Berakhiran ar ir ur untuk Pantun dan Puisi

Daftar Kata Berakhiran ak ik uk k dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran ta ti tu dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran ma mi mu dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran na ni nu dan Contoh Pantun