POST TERBARU

107 Kata Berakhiran ra untuk karya sastra

Image
  contoh kata berakhiran ra 107 kata berakhiran ra berikut ini kami sajikan dengan telah dipilah berdasarkan bentuk kata kerja, kata benda maupun kata keterangan yang diantaranya bisa digunakan untuk menyusun sastra pantun atau puisi.   Kamu juga dapat belajar bagaimana contoh penggunaan kata berakhiran ra rima a untuk membuat pantun seperti ini Buat apa membuat gapura Bila ada di hutan belantara Buat apa bermain sandiwara Bila menimbulkan duka lara   Selain itu, referensi daftar kata berakhiran ra     juga dapat dimanfaatkan   mengajar anak didik di usia PAUD / TK belajar mengeja kata. Perlu diperhatikan juga ya, bila pengguraan kata yang memiliki akhiran kata tersebut perlu disesuaikan dengan tema bila ingin digunakan untuk karya sastra. Untuk lebih memahami pengguraan rima kata dalam membuat pantun, kamu dapat melihat referensi merarik di artikel pantun akhiran ra ri ru   Daftar Kata Kerja Berakhiran ra Berikut adalah daftar kata   kerja    pilihan yang be

Translate

bagikan artikel

SENI YANG DILARANG MENURUT MUHAMMADIYAH

Bagaimanakah pandangan Muhammadiyah tentang seni budaya? Pertanyaan semisal ini sering ditanyakan orang. Termasuk warga Muhammadiyah. Bahkan masih dapat dijumpai di kalangan warga Muhammadiyah yang memperdebatkan dalam pembicaraan tentang hukum seni budaya.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya kita memperhatikan keputusan Tarjih Muhammadiyah.
Menciptakan dan menikmati karya seni hukumnya mubah (boleh) selama tidak mengarah dan mengakibatkan fasad (kerusakan), darar (bahaya), ‘isyan (kedurhakaan), dan ba’id ‘anillah (keterjauhan dari Allah), yang merupakan rambu proses penciptaan dan menikmatinya.
Dari penjelasan diatas dapat kita uraikan jenis karya seni yang dilarang, baik dalam penciptaan maupun untuk menikmatinya, yaitu :
1. Seni yang mengarah dan mengakibatkan fasad.
Fasad artinya merusak, maksudnya menciptakan suatu karya seni dan menikmatinya yang berakibat merusak, baik merusak orang yang menciptakannya maupun merusak orang lain yang menikmatinya termasuk lingkungan yang meliputi akidah, ibadah, dan hubungan sosial.
2. Seni yang mengarah dan mengakibatkan darar.
Darar artinya bahaya, maksudnya mencipta dan menikmati suatu karya seni tertentu yang  menimbulkan bahaya pada diri orang yang menciptakannya atau pada orang yang menikmati karya seninya.
3. Seni yang mengarah dan mengakibatkan 'isyan.
‘Isyan artinya kedurhakaan, maksudnya menciptakan dan menikmati suatu karya seni tertentu yang mendorong kepada pelanggaran hukum agama atau kedurhakaan kepada Allah, orang tua, atau suami istri bagi orang yang berkeluarga.
4. Seni yang mengarah dan mengakibatkan ba'id 'anillah.
Ba’id ‘anillah artinya jauh dari Allah, maksudnya mencipta dan menikmati suatu karya seni tertentu yang membuat jauh dari Allah, melanggar norma agama, menjauhkan diri dari ingat kepada Allah dan menghalangi pelaksanaan ibadah.
Adapun seni yang tidak mengarah dan mengakibatkan kepada empat (4) hal tersebut kembali kepada hukum asalnya, Mubah (boleh).
Lalu, bagaimana dengan seni yang berwujud seni rupa yang obyeknya berupa makhluk yang bernyawa semisal patung? Penjelasan dari Majelis Tarjih Muhammadiyah adalah :
seni karawitan LSBO Muhammadiyah saat pentas
Seni rupa yang obyeknya makhluk bernyawa seperti patung hukumnya mubah bila untuk kepentingan sarana pengajaran, ilmu pengetahuan dan sejarah, serta haram bila mengandung unsur yang membawa ‘isyan (kedurhakaan) dan kemusyrikan.
Seni suara baik vokal maupun instrumental, seni sastra dan seni pertunjukan pada dasarnya mubah. Larangan, baru timbul manakala seni tersebut menjurus pada pelanggaran norma-norma agama dalam ekspresinya, baik menyangkut penandaan tekstual (tulisan dan gambar) maupun visual.
Bila seni dapat dijadikan alat dakwah untuk membina, mengembangkan dan meningkatkan mutu keimanan dan ketaqwaan, maka menciptakan dan menikmatinya dianggap sebagai amal shalih yang bernilai ibadah sepanjang mematuhi ketentuan-ketentuan proses penciptaan dan menikmatinya.
Semoga uraian singkat ini menambah referensi pengetahuan tentang seni budaya. Sekaligus menghilangkan keraguan warga Muhammadiyah untuk berkreasi dalam dakwah melalui karya seni. (Red.)

Kreatifitas yang dimanfaatkan untuk dakwah di kalangan Muhammadiyah telah dilaksanakan oleh LSBO Muhammadiyah Blitar melalui seni karawitan. Bagaimanakah bentuknya? Agar tak penasaran bisa dilihat di artikel Momen Bersejarah Karawitan LSBO Muhammadiyah Blitar 




Comments

POSTINGAN POPULER

Daftar Kata Berakhiran an in un Untuk Pantun dan Puisi

Daftar Kata Berakhiran at it ut dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran ra ri ru dan Contoh Pantun

Kumpulan Kata Berakhiran Huruf a

Daftar Kata Berakhiran ang ing ung untuk Pantun beserta Contohnya

Daftar Kata Berakhiran ar ir ur untuk Pantun dan Puisi

Daftar Kata Berakhiran ta ti tu dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran ak ik uk k dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran ma mi mu dan Contoh Pantun

Daftar Kata Berakhiran na ni nu dan Contoh Pantun